Langsung ke konten utama

budidaya pepaya pada musim penghujan

Budidaya Menanam Pepaya Dan Penyakitnya Pada Musim Penghujan.


Budidaya menanam pepaya di musim penghujan adalah hal yang tidak mudah dilakukan khususnya bagi pemula, akan tetapi bagi para senior petani pepaya kendala tersebut bisa diatasi. Berkebun pepaya itu gampang ternyata sulit, dibilang sulit ternyata banyak yang sukses. Dalam berkebun pepaya di area ladang tentunya tidak berdiri sendiri akan tetapi berdampingan dengan tanaman milik orang lain. Tingkat penentu kesehatan tanaman anda juga berpengaruh pada lingkungan, terutama dari hama atau penyakit pada pepaya tertular.
Budidaya pepaya bisa tumbuh dan layak di area ladang tipe tegalan kalau orang jawa menyebutnya. Kalau dijabarkan area yang cocok untuk budidaya menanam pepaya ada pada tanah jika musim hujan air tidak tergenang atau bisa tiris jika berhenti hujan, dan jika musim kemarau air bisa mengalir ke area kebun pepaya,.
Budidaya pepaya biasanya yang terbanyak bisa memenuhi kriteria di atas ada pada daerah lahan semi berpasir tentunya tidak begitu berpengaruh dalam musim penghujan karena begitu air hujan turun sederas apapun begitu berhenti, air bisa tiris sendiri, akan tetapi pada area lahan menanam pepaya pada lahan tanah lempung tentunya sulit air bisa tiris sendiri. Dengan adanya berbagai kendala pada area kebun pepaya yang tergolong sulit air bisa tiris tentunya diperlukan pengerjaan supaya bisa terpenuhi kebutuhan yang ada di paragraf ke 2 dengan cara pembuatan irigasi tepat sasaran dan hama maupun penyakit seterusnya sebagian akan kami bahas di bawah ini.

Perihal dan kendala pepaya musim penghujan.
Jika terjadi curah hujan tinggi penggenangan pada area pepaya, hal tersebut jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan busuk akar kemudian layu dan bisa menyebabkan kematian.
Pepaya mudah sekali terkena serangan penyakit diantaranya jamur, biasanya yang sering terjadi busuk akar, terjadi plak berbintik kecoklatan pada daun, pembusukan pada buah pepaya, dan berbagai gejala lainnya pada tanaman pepaya.



Pengaturan irigasi pepaya, pembersihan gulma, dan menguruk tanah pada perakaran batang pepaya pada usia 2 minggu.

Budidaya pepaya pada musim penghujan bagi yang baru memulai sebaikmya perhatikan lahan area tanaman anda.

Datang hujan air bisa tiris, diperlukan pembuatan irigasi yang benar.

Area tanaman sedikit di gunduk, dan jika terjadi pada tanaman pepaya ;

Usia dibawah 2 bulan biasanya di musim penghujan batang daun pepaya terkena pinjalan tanah dan menempel pada batang dan daun pepaya jika tidak segera dibersihkan bisa mengakibatkan busuk akar dan batang pepaya, cara mengatasinya semprotlah / guyur air bersih tanah yang menempel pada tanaman.

Sesekali tengoklah sewaktu hujan deras daerah mana yang menyebabkan air tergenang, dan segeralah di atur air bisa berjalan lancar keluar dari area tanam pepaya.

Jika tanaman pepaya sehat semprotlah secara berkala, tiap 10 hari sekali mengunakan fungisida atau insektisida.

Awas insektisida dan fungisida tidak boleh dicampur / di semprotkan secara bersamaan.

Waktu yang tepat jika dilakukan pada pagi hari sebelum jam 9 setelah itu kurang baik. atau jika penyemprotan pada sore hari setelah jam 15.00.

Dan jika melakukan penyemprotan untuk menghemat waktu dan biaya sebaiknya tambahkan pupuk daun.

Sebaiknya gunakanlah aturan pakai yang tertera pada kemasan obat yang anda beli, jika tidak tahu cara menggunakan, mintalah bantuan petunjuk di penjual toko pertanian.

Jika menyalai dosis aturan pakai bisa menyebabkan kebal hama dan penyakit.

Gunakanlah obat secara bergantian.

Pencegahan terkena hama atau penyakit pada tanaman pepaya atau menanam dalam keadaan terjangkit gejala sakit misalnya mengatasi jamur :

hari ke 1 memakai obat jamur merek A dengan cara kerja obat kontak jika belum sembuh.

Antara hari ke 3 hingga ke 5 menggunakan merek B dengan cara kerja obat sistemik secara bergantian.

Pengulangan ke dua kalinya biasanya penyakit sudah sembuh, jika belum bisa mungkin terjadi obat yang dipakai tidak tepat sasaran fungsi. atau sebaiknya konsultasikan pada dokter tanaman ( PPL ).

Jika terserang hama segeralah di atasi dengan cara seperti pada cara mengatasi jamur.

Perihal identifikasi gejala yang merusak tanaman pepaya :

Ciri-ciri utama jika pepaya mengalami terserang penyakit, perusak tanaman tidak bisa dilihat dengan kasat mata, biasanya yang terjadi daun berbintik kecoklatan baik diantara daun muda hingga daun tua. pembusukan pada akar, batang, daun ataupun buah.

Ciri-ciri utama jika menanam pepaya terkena hama, : Perusak tanaman bisa dilihat dengan kasat mata, atau bagian yang menempel pada tanaman jika di tekan (di plithes) mengeluarkan cairan.

dan seterusnya silahkan cari tau sendiri dengan belajar mengetahui gejala yang terjadi pada tanaman.

Jangan lupa jika sudah menemukan cara mengatasinya perusak tanaman sebaiknya hafalkan, lebih bagus lagi di catat supaya tidak lupa..

Catatan penting : Musim penghujan tanaman pepaya sebaiknya area perakaran pepaya di taburi dengan pupuk dolomit. biasanya jika sering terkena air hujan biasanya Ph tanah mengalami penurunan. manfaatnya, menetralisir Ph tanah baik kurang atau berlebih. Dengan adanya pemberian pupuk dolomit untuk pencegahan terjadinya jamur, dan daya tahan tanaman pepaya terhadap penyakit, manfaat lainnya memiliki kandungan Kalsium (CaO) dan Magnesium (MgO) berkisar antara 19 ~ 32%.pemberian pupuk dolomit sangat dianjurkan sebagai pupuk pelengkap, Pemberian hanya dua hingga tiga kali dalam setahun, tergantung tingkat keasaman tanah. Jika tingkat keasaman tanah tinggi berarti pemakaian dolomit sering.

Kekurangan Magnesium (Mg) tanaman pepaya ditandai dengan daun yang menguning, sehingga kehilangan kemampuan menghasilkan CO2, dengan demikian, pemberian pupuk dolomit akan mampu menambah unsur hara Magnesium yang diperlukan tanaman pepaya, sehingga warna daun akan menjadi hijau lagi.

Pemberian dolomit penyerapan unsur hara, Nitrogin (N) Fosfor (P), Kalium (K) oleh tanaman menjadi baik.

Pemberian pupuk berbentuk Amonium (UREA/DAP) dan kalcium (KCL/ZK) yang terlalu banyak, dapat mengakibatkan kekurangan Magnesium (Mg). Selain itu pupuk nitrogen mempunyai kecenderungan menjadi tanah mudah masam. Pemberian pupuk dolomit mampu menetralkan reaksi tanah yang bersifat masam akibat pemberian pupuk yang berlebihan.

Agenda bagi yang baru memulai budidaya pepaya :

Memulai menanam jangan lupa berdo’a dahulu semoga diberi kemudahan, mendapatkan panen dan hasil yang melimpah, terjaga dari hama dan penyakit pepaya dan seterusnya..

Mempunyai bibit pepaya siap tanam yang sehat dan berkualitas.

Jika belum silahkan menghubungi saya.

jika anda menginginkan berwujud benih pepaya mau disemai sendiri waktu yang di butuhkan paling cepat 2 bulan silahkan lihat klick di layanan benih pepaya.

Jika menginginkan bibit pepaya siap tanam silahkan lihat klick di layanan bibit pepaya siap tanam.

Minggu ke 2

Pemberian nutrisi tanaman lewat semprot pupuk daun. baca bagian 12

Penyulaman tanaman pepaya yang mati

Menutup perakaran pepaya dengan tanah tipis.

Pengaturan irigasi supaya keluar masuk air lancar.

Minggu ke 3

Pemberian nutrisi tanaman lewat semprot pupuk daun baca bagian 12

Pembersihan gulma yang mengganggu tanaman.



Pemberian nutrisi tanaman pepaya dengan di kocor usia tanam satu bulan
Usia tanam 1 bulan

Pembersihan gulma sambil mengatur calon tempat pemberian pupuk kocor supaya tepat sasaran.

pemberian pupuk NPK di sekitar bagian luar perakaran pepaya dengan cara pengocoran kemudian :

Menutup tanah tipis bagian yang telah kita kocor pupuk tadi.

Perapian dan irigasi yang baik.

Selang satu minggu pemangkasan ujung batang pepaya (pupusnya) secara serempak petunjuk ini bisa di lihat di teknis pepaya cepat berbuah

Usia menjelang 2 bulan sudah waktunya pemberian nutrisi tanaman melalui perakaran.

Sampai disini dahulu salam sukses dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bedakan bibit pepaya california sempurna, betina dan jantan.

Membedakan bibit pepaya california sempurna, betina dan jantan. Pepaya memiliki kehidupan seksual yang tidak teratur. Pepaya memiliki 3 macam bunga. Tiga macam bunga pepaya california ini antara lain: bunga jantan,bunga betina dan bunga pepaya california sempurna. 1. Bunga jantan. Bunga jantan pepaya california tersusun dalam rangkaian bunga bertangkai panjang. Bunga pepaya california jantan ini disebut juga bunga majemuk. Daun bunga berjumlah 5 helai, letaknya saling melekat pada bagian bawah sehingga membentuk tabung. Sementara itu, bagian atasnya saling terlepas seolah olah mirip corong. Benang sari terdapat 10 helai. Bunga jantan tidak dapat menghasilkan buah karena tidak memiliki bakal buah atau putik. Namun, biasanya di ujung rangkaian bunga terdapat beberapa bunga sempurna yang bentuk bakal buahnya bulat telur. Bunga ini bisa menghasilkan buah secara partenogenesis. Buah yang dihasilkan dari bunga jantan ini mandul. 2. Bunga betina berwarna hijau kekuningan. Daun bunga betina te

cara menyemai benih Pepaya California

Cara Semai Benih Menjadi Bibit Pepaya Tercepat Agro prima sangat senang menemukan cara semai benih menjadi bibit pepaya tercepat. Dari penelitian dan eksperimen ini sebelumnya dengan berbagai cara bagaimana biji benih pepaya bisa segera kecambahkan kemudian di jadikan bibit pepaya siap tanam di poybag. Dibawah ini adalah sebagian pengalaman saya sebelum menjadi pengelola agro. cara menyemai benih Pepaya California UJI COBA penyemaian benih pepaya california  Semai benih menjadi bibit pepaya dulu di awal Tahun 2008 saya sebagai pemula menjadi pak tani pepaya memakai cara : biji benih pepaya direndam dengan air hangat kuku 12 jam lalu langsung semai di polybag tumbuh menjadi bibit pepaya dalam waktu sangat cukup lama yaitu baru bisa tumbuh di persemaian benih selama kurang lebih 30 hari, itupun tumbuhnya tidak serempak. Sangat-sangat lama dan membosankan menanti si hitam manis tumbuh. UJI COBA KE 2 Di pertengahan Tahun 2008 Bulan Agustus menambah tanaman pepaya say

Benih pepaya California Pekanbaru Riau

Benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera Jual benih pepaya California Pekanbaru  Riau .  Pepaya california Pekanbaru  Riau  unggul ini banyak di cari oleh petani si seluruh indonesia.  Pemilihan benih merupakan langkah utama untuk menentukan sukses tidaknya budidaya pepaya.  Jika benih yang disemai memiliki kualitas unggulan,  maka jika perawatan tanaman baik,  hasil panen pepaya pun akan baik.  Jika pemilihan benih pepaya California Pekanbaru  Riau  jelek Kualitas nya,  maka sebaiknya apapun perawatan tanaman pepaya,  hasil panen buah pepaya california akan kurang maksimal. Benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera sudah berkali kalau kami kirimkan. Benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera,  kami kirimkan lewat jasa pos kilat khusus.  Biaya pengiriman benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera akan sampai sekitar 3 sampai 7 hari.  Jika benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera ingin dikirim via jne/tiki,  maka ongkos kirimnya adalah 50 ribu