Langsung ke konten utama

bedengan pada penanaman bibit pepaya california

pembuatan bedengan/ajir penanaman bibit pepaya california

Pembuatan bedengan  bertujuan untuk mendapatkan  jarak tanam bibit pepaya california yang ideal. Jarak tanam pepaya california yang baik akan mengoptimalkan penyerapan hara, sinar matahari, dan pertumbuhan tanaman. Proses pembuatan bedengan pada penanaman bibit pepaya california dilakukan sebagai berikut.


  • Tentukan arah lereng dan terbit matahari. Buat arah barisan bedengan bibit pepaya california sejajar dengan terbit matahari. Jarak antar-baris 2,5-3 m.
  • Buat tanda dengan menancapkan patok bambu dalam barisan, jarak 2-2,5 m. Jarak antarpatok sebagai titik tengah lubang tanam bibit pepaya california berkisar 2-25 m (dalam barisan) dan 2,5-3 m (antar- barisan). 

Pengaturan Populasi Tanaman bibit pepaya california 

Penentuan populasi bibit pepaya california per hektare tergantung dari luas lahan dan kondisi lokasinya. Jika lahan yang digunakan kondisinya datar, populasi tanaman lebih tinggi dibandingkan dengan tanah lereng. Populasi tanaman bibit pepaya california juga ditentukan oleh jarak tanam dan pengaturan layout lahan yang efektif. Sebagai gambaran, lahan seluas 100 m x100 m diberi jalan 2 m sebagai headland dan ditanami tanaman pemecah angin di sekeliling daerah penanaman. Karena itu, lahan dengan luas tersebut dapat mengakomodasi sekitar 2316 batang tanaman bibit pepaya california jika jarak tanam 2 m x 2 m. atau sekitar 1656 batang jika jarak tanam 2.5 m x 2 m, dengan penanaman bibit pepaya california yang sejajar dan teratur. Hal ini akan memberi kesan rapi dan memungkinkan intercropping jika diperlukan. 

Headland memiliki berbagai fungsi di antaranya menjaga Jarak tanaman bibit pepaya california dengan tanaman lain di sekeliling tanaman pepaya, sehingga menghambat penyebaran hama dari tanaman lain di sakitar kebun. Pembuatan headland juga akan memudahkan akses kendaraan angkutan langsung kebun. baik saat panen maupun pemeliharaan pepaya california. 


Pembuatan Lubang Tanam 

pembuatan lubang tanam bibit pepaya california yang tepat akan menentukan perkembangan perakaran dengan baik. Berikut langkah-langkah cara membuat lubang tanam pepaya 

Di bedengan, lubang tanam bibit pepaya california dibuat dengan ukuran 50cmx50cmx50cm. Jika tanah atau bedengan gembur ukuran lubang bibit pepaya california yang digunakan cukup 25 cm x 25cmx 25 cm. Saat pembuatan lubang tanam, pisahkan tanah lapisan bagian atas sebelah timur (kiri lubang) dan lapisan bagian bawah sebelah barat (kanan lubang). Lubang tanam dibiarkan terbuka dan terjemur sam satu minggu oleh terik matahari. Tujuannya, agar benih hama dan penyakit yang merugikan tanaman tidak muncul. 

Setelah didiamkan selama satu minggu, campur tanah lapisan atas dan bawah dengan kapur pertanian dan pupuk organik (kandang, kompos) masing-masing 3 sebanyak 15-25 kg per lubang tanam bibit pepaya california, dengan 10-20 ton per ha. Aduk secara merata. lalu biarkan selama satu minggu. Masukkan kembali tanah galian ke tempat asalnya.

Pastikan PUPUk kandang dan tanah tercampur merata, Jika pengadukan dan pencampuran awal kurang merata atau pupuk kandang langsung dimasukkan ke dalam lubang baru diadukakan menyebabkan bibit pepaya california mudah terserang penyakit. Biasanya. 6 bulan kemudian tanaman pepaya california tersebut akan terkena penyakit busuk akar dan batang. Walaupun belum ada penelitian yang menjelaskan penyebab paStinya, hal ini bisa diamati berdasarkan masalah yang timbul di berbagai penanaman dan kasus serangan setiaptahunnya.

Tanam bibit pepaya california dengan jarak 2 m x 2 m atau 2,5 m x 2 m. Timbun tanaman dengan tanah lapisan atas. Penanaman terbaik pada awal musim hujan. .Jika pengairannya terjamin dengan baik, penanaman dapat dilakukan kapan saja.

Taburkan insektisida sistemik granul (butiran) pada lubang tanam bibit pepaya california. Setelah 10 hari bibit ditanam, tabur Pupuk ZA 5 gram tambah NPK Phonska 15 gram pertanaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bedakan bibit pepaya california sempurna, betina dan jantan.

Membedakan bibit pepaya california sempurna, betina dan jantan. Pepaya memiliki kehidupan seksual yang tidak teratur. Pepaya memiliki 3 macam bunga. Tiga macam bunga pepaya california ini antara lain: bunga jantan,bunga betina dan bunga pepaya california sempurna. 1. Bunga jantan. Bunga jantan pepaya california tersusun dalam rangkaian bunga bertangkai panjang. Bunga pepaya california jantan ini disebut juga bunga majemuk. Daun bunga berjumlah 5 helai, letaknya saling melekat pada bagian bawah sehingga membentuk tabung. Sementara itu, bagian atasnya saling terlepas seolah olah mirip corong. Benang sari terdapat 10 helai. Bunga jantan tidak dapat menghasilkan buah karena tidak memiliki bakal buah atau putik. Namun, biasanya di ujung rangkaian bunga terdapat beberapa bunga sempurna yang bentuk bakal buahnya bulat telur. Bunga ini bisa menghasilkan buah secara partenogenesis. Buah yang dihasilkan dari bunga jantan ini mandul. 2. Bunga betina berwarna hijau kekuningan. Daun bunga betina te

cara menyemai benih Pepaya California

Cara Semai Benih Menjadi Bibit Pepaya Tercepat Agro prima sangat senang menemukan cara semai benih menjadi bibit pepaya tercepat. Dari penelitian dan eksperimen ini sebelumnya dengan berbagai cara bagaimana biji benih pepaya bisa segera kecambahkan kemudian di jadikan bibit pepaya siap tanam di poybag. Dibawah ini adalah sebagian pengalaman saya sebelum menjadi pengelola agro. cara menyemai benih Pepaya California UJI COBA penyemaian benih pepaya california  Semai benih menjadi bibit pepaya dulu di awal Tahun 2008 saya sebagai pemula menjadi pak tani pepaya memakai cara : biji benih pepaya direndam dengan air hangat kuku 12 jam lalu langsung semai di polybag tumbuh menjadi bibit pepaya dalam waktu sangat cukup lama yaitu baru bisa tumbuh di persemaian benih selama kurang lebih 30 hari, itupun tumbuhnya tidak serempak. Sangat-sangat lama dan membosankan menanti si hitam manis tumbuh. UJI COBA KE 2 Di pertengahan Tahun 2008 Bulan Agustus menambah tanaman pepaya say

Benih pepaya California Pekanbaru Riau

Benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera Jual benih pepaya California Pekanbaru  Riau .  Pepaya california Pekanbaru  Riau  unggul ini banyak di cari oleh petani si seluruh indonesia.  Pemilihan benih merupakan langkah utama untuk menentukan sukses tidaknya budidaya pepaya.  Jika benih yang disemai memiliki kualitas unggulan,  maka jika perawatan tanaman baik,  hasil panen pepaya pun akan baik.  Jika pemilihan benih pepaya California Pekanbaru  Riau  jelek Kualitas nya,  maka sebaiknya apapun perawatan tanaman pepaya,  hasil panen buah pepaya california akan kurang maksimal. Benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera sudah berkali kalau kami kirimkan. Benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera,  kami kirimkan lewat jasa pos kilat khusus.  Biaya pengiriman benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera akan sampai sekitar 3 sampai 7 hari.  Jika benih pepaya California Pekanbaru  Riau Sumatera ingin dikirim via jne/tiki,  maka ongkos kirimnya adalah 50 ribu